fbpx

Sukabumi, 10 Mei 2024 – Sebanyak 119 siswa SMK di Kota Sukabumi bersiap mengikuti program magang ke Jepang. Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Indonesia (APPI) diwakili oleh Bapak Hendra Bachtiar selaku ketua umum harian, dan Pusat Standardisasi Bahasa Jepang ISO Jepang diwakili oleh Direktur Utama Bapak Gegi Hartoyo. Acara ini diresmikan langsung oleh Asisten Daerah 1 setda Kota Sukabumi Andri Firmansyah.

Terdapat kurang lebih 15 SMK dari Sukabumi dan Cianjur sehingga diperkirakan Targetnya adalah 1500 siswa tahun ini yang akan mendapatkan pelatihan dan menjadi mahasiswa aktif di Jepang dan pulang menyandang gelar Diploma 3, dan bekerja disana serta ada sekitar 17 bidang penempatan kerja yang tersedia, Mulai dari perakitan, perhotelan, dan pengolahan makanan.

Dari target tersebut terjaring 119 siswa SMK di Kota Sukabumi akan mengikuti program magang ke Jepang.

Sebelum berangkat ke Jepang, para siswa akan mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang selama 6 bulan di sekolah, serta pelatihan mental dan motivasi selama 3 bulan di ISO Jepang Depok. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM dan mengurangi pengangguran.

“Kami berharap program ini dapat memberikan bekal bagi siswa untuk bekerja di luar negeri dan membangun daerahnya,” ujar Ketua Harian APPI, Hendra Bachtiar.

Program magang ke Jepang ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing bangsa. Diharapkan dengan mengikuti program ini, para siswa akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang berharga untuk masa depan mereka.

#SMKSukabumi #MagangKeJepang #Kemendikbudristek #APPI #ISOJepang #MeningkatkanKualitasSDM #MengurangiPengangguran

119 siswa SMK di Kota Sukabumi Siap Berkarir Di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat Kami